Wednesday, June 6, 2007

P e r s a h a b a t a n

Hmmm...persahabatan...apa sih persahabatan itu?
Well...aku gak tahu pendapat kalian, tapi menurutku persahabatan adalah hubungan yang paling menyenangkan. Dan aku yakin hubungan lain apapun yang didasari oleh persahabatan yang solid pasti akan menjadi hubungan yang baik. Tidak perduli apakah itu hubungan kekasih, suami istri, kakak-adik,orang tua-anak, bahkan hubungan profesional dalam dunia kerja pun akan jadi hubungan yang baik jika landasannya adalah persahabatan.

Yang paling penting dari bersahabat adalah berarti kita bisa menghargai satu sama lain secara tulus dan ikhlas. Menghargai segala perbedaan, kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Menghargai sudah tentu juga berarti bisa menerima apapun keadaan sahabat kita.

Memang tidak semua orang bisa bersahabat dengan kita. Karena salah satu hal yang juga penting dalam menjalin persahabatan adalah chemistry. Perasaan bahwa kita "klik" dengan orang tersebut. Dan perasaan itu tidak selalu datang dengan cepat. Terkadang perlu proses yang lama sebelum kita menyadari kalau ada chemistry antara kita dan orang tersebut.

Aku punya banyak orang yang kuanggap sebagai sahabat. Apa patokannya orang tersebut masuk dalam kategori sahabat? Sederhana saja. Fairness. Jika aku bisa berlaku fair terhadap orang tersebut dan aku juga percaya bahwa dia juga bisa berlaku fair terhadapku, berarti dia bisa kuanggap sahabatku. Fairness bisa berarti banyak hal. Itu bisa berarti keterbukaan. Bisa berarti keikhlasan dan ketulusan. Fairness berarti bisa dan berani mengakui jika sahabat kita benar dan kita salah. Fairness berarti berani menegur sahabat kita demi kebaikan bersama. Fairnes berarti ikhlas dan tulus menerima kritik dan masukan demi kebaikan bersama.

Jadi memang tidak semua orang orang bisa jadi sahabat, karena tidak semua orang bisa berlaku fair. Kebanyakan sahabatku merupakan orang-orang yang telah mengenalku bertahun-tahun. Bahkan beberapa, yang kuanggap paling dekat, sudah berteman denganku lebih dari 10 tahun. Ini adalah persahabatan yang bukan main-main. Jarang ada konflik, karena kami tahu karakter dan porsi masing-masing.

Itu salah satu pendapatku tentang persahabatan. Mungkin akan ada pendapat-pendapat yang lain, we'll see...

Hmmmmm....
Well....i believe best friends last forever....so don't ruin your friendship...

1 comment:

Nining Sutrisnaningsih said...

bener ndung.. aku nak karo konco2ku sing wis tak anggap sahabat sangat menunjukan fairness. sampek nganti sometimes i hurt them with my words... it actually shows that i care... so im sorry for being an annoying friend sometimes... hehehe...